Kamis, 26 April 2012

Anak Seribu Pulau

Kabupaten Banggai Kepulauan.... wilayah tugas yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Jauh dari kota asalku. Untuk menuju kesini harus melewati 4 Kabupaten melalui jalan darat, setelah itu disambung lagi dengan kapal laut atau ferry. Jarak tempuh dari kota Palu kurang lebih 22 jam untuk sampai di Kabupaten ini. Benar-benar perjalanan yang melelahkan!
  
Kab. Banggai Kepulauan terdiri dari pulau-pulau, dari yang besar sampai yang kecil. ada 2 pulau besar di Kab. ini, yaitu pulau Peling dan Pulau Banggai. Kantorku, BPS, terletak di pulau Peling, tepatnya di kelurahan Salakan, ibukota Kab. Banggai Kepulauan. sedangkan wilayah kerjaku terletak di pulau Banggai, tepatnya di Kecamatan Banggai Tengah. Untuk sampai ke pulau Banggai, harus melalui jalan darat kurang lebih 1 jam perjalanan sampai di desa Tobing Kec. Tinangkung Selatan. Dilanjutkan dengan naik perahu motor (disini sebutannya bodi batang) kurang lebih 1 jam juga untuk sampai di pulau Banggai. Di pulau Banggai sendiri terdapat 4 Kecamatan. Kec. Banggai, Banggai Tengah, Banggai Selatan dan Banggai Utara, dan semuanya dilalui dengan jalan darat. Dermaga bodi batang adanya di Kec. Banggai, dan untuk sampai di Banggai Tengah bisa ditempuh dengan ojek, bentor (becak motor) maupun angkutan lainnya. Jaraknya terbilang dekat dari Kec. Banggai, sekitar 5 km saja.

Wilayah kerja dan lokasi kantorku sangat jauh. Jadi setiap kali ada survey atau pendataan, saya harus mobile terkadang pulang-pergi Salakan-Banggai. Tapi alhamdulillah hingga saat ini tidak ada kendala yang berarti dan saya juga menikmati pekerjaan lapangan yang memang sudah menjadi tugas saya. Syukurnya lagi, kami pegawai Statistik khususnya staf lapangan difasilitasi kendaraan operasional (motor), jadi tidak perlu repot lagi naik ojek untuk sampai ke Tobing. Motor tersebut juga harus dibawa menyeberang pulau, dinaikkan ke atas bodi batang, karena sangat menunjang kelancaran pendataan di lapangan.

 Selain menggunakan bodi batang, ke pulau Banggai juga bisa menggunakan ferry. Pelabuhan ferry yang menuju ke pulau Banggai terletak di desa Boniton Kec. Totikum Selatan. Ferry ini adalah transportasi utama  menuju ke Banggai, karena selain murah, juga lebih nyaman. Apalagi kalau kita membawa kendaraan bermotor, tidak perlu lagi membayar jasa buruh angkut untuk menaikkan dan menurunkan motor seperti kalau kita naik bodi batang. Cukup kita sendiri yang memasukkannya ke dalam ferry. Selain itu ongkosnya juga jauh lebih murah, dibandingkan bodi batang. Hanya saja ferry jadwalnya cuma 2 kali seminggu, yaitu hari senin pagi dan hari jumat sore. Sedangkan bodi batang setiap saat tersedia.

Ini adalah peta Kab. Banggai Kepulauan. Pulaunya banyak bukan?? Namanya juga kepulauan :)




Pulau yang paling besar itu namanya pulau Peling. Disitulah letaknya ibukota Kabupaten dan pusat pemerintahan. Pulau yang dibawahnya, yang lebih kecil, itulah pulau Banggai (termasuk didalamnya adalah wilayah kerjaku, kec. Banggai Tengah). Terus ke bawah lagi, ada pulau Labobo (kec. Labobo), pulau Bangkurung (kec. Bangkurung) dan pulau Bokan Kepulauan (kec. Bokan). Nah, kec. Bokan ini adalah wilayah terjauh dan terluar dari Kab. Banggai Kepulauan, yang langsung berbatasan dengan laut Maluku.

Total luas laut Kabupaten Banggai Kepulauan adalah sekitar 18.828,10 km2 atau sekitar 85,42% dari luas keseluruhan wilayahnya. Untuk mengetahui detail dari Kab. Banggai Kepulauan ini, silahkan kunjungi http://bangkepkab.bps.go.id   



 
Disamping ini adalah Peta Kecamatan Banggai Tengah




Kecamatan Banggai Tengah merupakan salah satu Kecamatan yang ada di pulau Banggai dengan luas wilayah 68,19 km2, yang terdiri dari 8 desa. Ibukota Kecamatannya adalah desa Adean. Untuk publikasi Kecamatan Banggai Tengah tahun 2012, saat ini sedang saya susun. Publikasi ini namanya KDA (Kecamatan Dalam Angka) ada juga STATDA (Statistik Daerah). Kesemuanya menggambarkan kondisi/profil suatu daerah. Publikasi ini paling sering dijadikan rujukan oleh pemerintah/instansi untuk membuat kebijakan strategis di daerahnya. Juga banyak digunakan oleh mahasiswa yang sedang menyusun skripsi maupun thesis. Karena publikasi untuk tahun 2012 sedang disusun, jadi sebagai gambaran, silahkan melihat publikasi dari tahun-tahun sebelumnya di http://bangkepkab.bps.go.id

1 komentar:

  1. bisajadi,jejakpetualang kamisenangdengankerjaanda,anda seorang wanita kekar

    BalasHapus